Selasa, 03 Januari 2017

rpp sel



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SEL
Pertemuan 1
Kelas XI Mia




Description: E:\579830_286189884816269_2027824072_n.png
 


                                                                                                                          



Di susun oleh :
                                             
Nopiya
1413162034

BIOLOGI  C SEMESTER VII


JURUSAN TADRIS IPA BIOLOGI
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN (FITK)
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SYEKH NURJATI
CIREBON
2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : MAN 2 Kota Cirebon
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester            : XI/1 (satu)    
Materi Pokok              : Sel
Pertemuan ke-             : 1
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit
A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang diplajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar (KD)
3.1  Memahami  tentang komponen kimiawi penyusun sel, ciri hidup pada sel yang ditunjukkan oleh struktur, fungsi dan proses yang berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan.
4.1 menyajikan data yang merepresentasikan pemahamannya tentang struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan dan penerapannnya dalam berbagai aspek kehidupan.

C.    Indikator Pembelajaran
3.5.1        Menyebutkan komponen kimia penyususn sel
3.5.2        Menjelaskan struktur dan fungsi bagian – bagian sel
3.5.3        Mengidentifikasi perbedaan sel hewan dan tumbuhan
4.4.1    Menulis  laporan hasil identifikasi perbedaan sel hewan dan tumbuhan

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu :
1.      Peserta didik dapat menyebutkan komponen kimia penyususn sel melalui studi literature.
2.      Peserta didik dapat menjelaskan struktur dan fungsi bagian – bagian sel dengan cermat.
3.      Peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan sel hewan dan tumbuhan melalui pengamatan gambar dan animasi.
4.      Peserta didik dapat menulis laporan tertulis hasil pembelajaran mengenai perbedaan sel hewan dan tumbuhan

E.     Materi Pelajaran
Sel merupakan penyusun tubuh makhluk hidup. Bahwa makhluk hidup tersusun atas sel telah dibuktikan melalui pengamatan mikroskopis oleh Schleiden yang kemudian merumuskan pernyataan : “Sel merupakan kesatuan struktural kehidupan”. (Pratiwi, 2007)
Sel memerlukan bahan-bahan umtuk membentuk sitoplasma baru dan untuk menghaqsilkan energi. Karena sebagian besar sel memiliki fungsi khusu dan juga memiliki kebutuhan yang berbeda. Semua sel tersusun atas air,protein, lemak, karbohidrat, garam-garam dan vitamin.
Sel memiliki organel penyusun sel sehingga sifat, strktur dan fungsinya berbeda. Berikut ini uraian dari struktur sel diantaranya : membran sel, nukleus dan sitoplasma. Didalam sitoplasma terdapat berbagai organel – organel yang menyusun sel di antaranya yaitu mitokondria, lisosom, retikulum endoplasma, ribosom, badan golgi, plastida, kloroplas, dinding sel, vakuola, dan sitoskeleton.
Perbedaan sel hewan dan tumbuhan ini terletak pada organel penyusunnya pada organel pada sel tumbuhan terdapat dinding sel, vakuola yang lebih besar dari sel hewan, plastida dan kloroplas sedangkan pada sel hewan, organel yang tidak dimiliki oleh sel tumbuhan yaitu sentrosom.

F.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan    : Saintifik
2.      Model             : Discovery Learning
3.      Metode           : Ceramah, pengamatan dan diskusi

G.    Alat, Bahan dan Media
1.      Whiteboard
2.      Gambar sel
3.      Spidol
4.      Media torso sel
5.      Kartu warna pertanyaan
6.      Infokus
7.      Laptop
8.      Slide power point 

H.    Sumber Belajar
1.      Buku paket Biologi kelas XI kurikulum 2013
2.      Buku-buku yang relevan
3.      Internet

I.       Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Orientasi :
1.      Guru memberikan salam
2.      Guru menanyakan kabar siswa  dan berdo’a untuk pengkondisian kelas
3.      Guru mengabsensi siswa
Apresepsi:
3.1.1         Guru memberikan apersepsi
“anak-anak, apakah kalian tahu struktur apa yang terkecil yang menyusun makhluk hidup?  
Pemberian Acuan :
1.      Guru menjelaskan  tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai
2.      Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
10 menit
Kegiatan inti
Mengamati
1.      Guru menayangkan gambar yang ditayangkan dan memberikan pertanyaan dasar mengenai gambar tersebut.
2.      Siswa mengamati dan mencermati gambar yang ditayangkan guru.
Menanya
1.      Siswa diberi kesempatan untuk bertanya jawab dengan guru terkait dengan temuannya
2.      Siswa bertanya kepada guru struktur dan fungsi apa saja yang menyusun sel ?
3.      Organel apa saja yang membedakan antara hewan dan tumbuhan?

Mengumpulkan data (eksperimen/eksplorasi)
1.      Siswa secara literatur mencari tentang struktur dan fungsi sel serta perbedaan sel hewan dan tumbuhan dengan mencari data dari berbagai sumber.
2.      Setiap siswa menyebutkan organel penyusun sel beserta fungsi nya.

Mengasosiasikan
Melalui pengkajian individu, siswa menyimpulkan hasil pengamatan tentang struktur dan fungsi sel beserta perbedaan sel hewan dan tumbuhan.

Mengkomunikasikan
1.      Setelah siswa selesai mengerjakan tugas dari guru, perwakilan dari kelompok di perintah untuk mempersentasikan nya.
2.      Siswa yang lain menyimak dan saling menanggapi

Menganalisa dan menyimpulkan serta  mengevaluasi proses pembelajarn
1.      Guru mengumpulkan semua hasil diskusinya.
2.      Siswa menyimpulkan hasil diskusi yang telah dilakukan dengan game dan dilengkapi oleh guru.
3.      Evaluasi dilakukan dengan memberikan kuis dengan menggunakan kartu warna pertanyaan.
30 menit
Penutup
1.      Guru menampilkan video animasi mengenai materi yang terkait sebagai bahan rivew
2.     Guru memberikan arahan dan motivasi kepada siswa.
3.      Guru menyampaikan tentang materi macam – macam sel serta proses didalamnya dan siswa di perintah untuk belajar di rumah.  
4.      Pembelajaran di tutup dengan membacakan Hamdallah bersama-sama.
10    menit

J.    Penilaian dan Hasil belajar
Terlampir
No

Aspek yang dinilai
Penilaian
Teknik
Bentuk
Waktu penilaian
1
Kognitif
Non test
·  Pengamatan

Tes lisan
·  Uraian bebas
2
Afektif
Spiritual
·     Lembar Observasi
Soaial
·     Penilaian diri
3.
Psikomotor
Konkrit
·     Laporan
Abstrak
·     Demonstrasi
           


Cirebon,     Januari 2017


Mengetahui:


Kepala sekolah MAN 2 Kota Cirebon                              Guru Mata Pelajaran Biologi





            Dra.Hj.Endang Suhaeni                                                                      Nopiya
            NIP: 196906221994032003                                                   NIM : 1413162034


Lampiran Penilaian
1.      Penilaian kognitif
Pertanyaan evaluasi (kognitif)
No.
Pertanyaan
Jawaban
Nilai
1.
Siapakah aku ? aku disebut sebagai pengatur aktivitas sel, sebagai tempat inti dari kegiatan sel ?
Nukleus
20
2.            
Aku memiliki dua sub unit yaitu besar dan kecil, aku berfungsi sebagai sintesis protein. siapakah aku ?
Ribosom
20
3.
Siapakah aku ? Aku komponen kimia penyusun sel, aku terdapat pada penyusun membran sel yang berfungsi sebagai pengatur keluar masuknya zat. Siapakah aku?
Lemak
20
  4.
Siapakah aku ? aku hanya terdapat pada sel tumbuhan, aku berfungsi untuk pelindung organel sel yang ada di dalam tumbuhan ?
Dinding sel
20
5.
Siapakah aku ? aku terdapat di kedua sel baik itu hewan maupun tumbuhan. Yang membedakan aku dari sel tumbuhan dan hewan yaitu bentuknya, bentuk aku di sel tumbuhan lebih besar dari pada sel hewan, siapakah aku ?
Vakuola
20
Jumlah
100


No
Skor Nilai
Kategori Nilai
1
80-100
Sangat Baik
2
59-79
Baik
3
38-58
Cukup Baik
4
10-37
Kurang

            Aspek penilaian
A : Sangat Baik
B : Baik
C : Cukup baik
D : Kurang Baik

2.      Penilaian afektif

                                    Penilaian diri KI 1 (SIKAP RELIGIUS)

Kelas                             :         ….
Semester                       :         ….
TahunAjaran                 :         ….

No
Aspek Pengamatan
SL
S
KD
TP
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




4
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan




5
Melaksanakan ibadah keseharian baik yang diwajibkan maupun yang dianjurkan sesuai
dengan agama yang dianutnya









                                                          
Penilaian diri KI 2 (SIKAP SOSIAL)

No
Aspek Pengamatan

Keteragan
SL
S
KD
TP

1
Melaksanakan tugas individu dengan baik





2
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan





3
Tertib dan disiplin pada saat pembelajaran





4
Mengembalikan barang yang dipinjam





5
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan















Keterangan
SL            = Selalu
S   = Sering
KD = Kadang-kadang
TP = Tidak pernah
Petunjuk Penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik (A)          : apabila memperoleh skor  16 - 20
Baik     (B)                   : apabila memperoleh skor  11 - 15
Cukup (C)                   : apabila memperoleh skor  6 - 10
Kurang Baik    (D)       : apabila memperoleh skor  1 – 5

Penilaian KI 1 (SIKAP RELIGIUS)
1.        Petunjuk Umum
1)    Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi. Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan instrument yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati. Pada jenjang MA, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1:  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2)   Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
2.      Petunjuk Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap spiritual peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
4         = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
3         = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukannya.
2        = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan da  sering tidak melakukannya.
1        = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya

Penilaian KI 2 (SIKAP SOSIAL)

Penilaian diri
Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam  tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung
jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan 
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
3.      Penilaian psikomotor
ü  Keterampilan laporan tertulis perbedaan sel hewan dan tumbuhan
Keterampilan konkrit
-                 Penilaian ketepatan dalam menyusun laporan pengamatan perbedaan sel hewan dan tumbuhan.
No
Nama Siswa
Ketepatan mengisi  laporan
Kelengkapan isi laporan
Jumlah skor
1.




2.




3.




Dst





No
Skor Nilai
Kategori Nilai
1
80-100
Sangat Baik
2
59-79
Baik
3
38-58
Cukup Baik
4
10-37
Kurang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar